Kekayaan Separuh Penduduk Dunia Hanya dikuasai 62 Orang Saja


Kekayaan Separuh Penduduk Dunia Hanya dikuasai 62 Orang Saja

Bisnis.com, JAKARTA--Sebanyak 62 orang terkaya di dunia memiliki kekayaan separuh dari jumlah populasi dunia, menurut laporan lembaga amal Oxfam. Para individu super kaya itu mengalami peningkatan kekayaan sebesar 44% sejak 2010.

Dengan demikian, secara kumulatif kekayaan mereka mencapai US$1,76 triliun atau setara dengan kekayaan yang dimiliki 3,6 miliar orang miskin di seluruh dunia. Lembaga amal yang berbasis di Inggris itu juga menyatakan bahwa ada penghindaran pajak perusahaan maupun individu mencapai US$7,6 triliun per tahun dari orang kaya.

separuh kekayaan dunia 

hanya dimiliki segelintir orang
separuh kekayaan dunia hanya dimiliki segelintir orang
Kepada Al Jazeera, Direktur eksekutif Oxfam Australia, Helen Szoke menyatakan bahwa tidak ada mekanisme yang pas untuk memastikan jika kekayaan tersebut bisa terbagi secara adil.

"Kami percaya ada kebutuhan untuk sebuah komitmen dari pebisnis global dan pemimpin politik untuk melakukan reformasi pajak guna menghilangkan penghindaran pajak," ujar Szoke sebagimana dikutip aljazeera.com, Selasa (19/1/2016).

Menurutnya, kebocoran pajak yang terlalu banyak telah membuat jurang perbedaan antara kelompok orang kaya dan kelompok orang miskin semakin jauh. sumber berita: http://kabar24.bisnis.com/read/20160119/20/511013/ironis-kekayaan-separuh-penduduk-dunia-dikuasai-62-taipan?
 

Benarkah Akibat Penghindaran Pajak

Jika dicermati penyebab jurang kemiskinan yang makin jauh bukanlah karena penghindaran pajak... tapi karena memang separuh kekayaan penduduk dunia hanya dimiliki segelintir orang... dan ini akibat dari peran negara yang hanya berfungsi sebagai penjaga keamanan (orang kaya).

Ini bisa dilihat dari sistem negara yang dianut adalah demokrasi yang jelas-jelas sangat menguntungkan kapitalisme. Sudah sama-sama diketahui kalau demokrasi itu membutuhkan biaya yang sangat mahal utamanya pada money politic mulai dari pembelian suara, setoran gaji anggota dewan pada partai, tarik-menarik kepentingan dalam RUU.. juga dalam penyelenggaraan.

Semua itu harus dibiayai dengan uang yang mana berpusat pada para kapitalis... dalam kasus ini tentu sangat wajar jika kekayaan hanya dimiliki segelintir orang... karena itu wujud kapitalisme. Jadi bagaimana bisa atasi jurang kemiskinan kalau kekayaan saja hanya dimiliki segelintir orang.

Anggap saja mereka total bayar pajak pun... tak akan sanggup menghilangkan jurang kemiskinan, karena separuh kekayaan penduduk dunia itu tetap sebagian besar hanya dinikmati segelintir orang... bahkan lebih banyak MENGANGGUR di brankas- brankas bank sekian lamanya.

Perputaran Harta Tidak Hanya Di Kalangan Kaya Saja

Jadi kalau harta hanya berputar di kalangan kaya... dan tentunya kebanyakan MENGANGGUR dalam wujud ANGKA-ANGKA di rekening bank mereka... maka yang miskin hanya bisa mengais-ngais sisa-sisa harta yang ada... dan juga diperebutkan di kalangan mereka.

Maka dari sini diperlukan adanya peranan negara untuk menguasai sumber-sumber kekayaan yang terkait hajat hidup orang banyak seperti SDA, Energi, Air (juga Udara)... dan ditambah pendistribusian yang baik maka jurang kemiskinan bisa dihilangkan atau setidaknya tidak terlalu jauh seperti saat ini.

Dan ini hanya bisa dilakukan jika sistem ekonomi yang dipakai negara bukanlah kapitalis bukan pula sosialis..., dan sistem ekonomi tersebut adalah Sistem Ekonomi Islam.


Related Posts:

0 Response to "Kekayaan Separuh Penduduk Dunia Hanya dikuasai 62 Orang Saja"

Posting Komentar

tolong jangan pasang backlink di comment... pasang saja di "Name/URL"







Jadikan Blog/Situs Anda Penghasil Uang







Jadikan Blog/Situs Anda Penghasil Uang